Nasihat Untuk Yang Sedang Mengalami Quarter Life Crisis

3:02 PM


Quarter life crisis adalah suatu kondisi krisis diri seorang individu berumur di kisaran 25 tahun (krisis seperempat abad). Individu yang mengalami quarter life crisis biasanya mengalami depresi,frustasi atau bahkan terjebak dalam suatu kondisi kecemasan dimana ia merasa terjepit dan tidak bisa keluar. seseorang yang ada dalam krisis ini kehilangan motivasi hidup, merasa gagal, kehilangan kepercayaan diri dan makna hidup, bahkan menarik diri dari pergaulan. Dari sumber yang saya baca berikut adalah cara cara untuk mengatasi quarter life crisis ini :

1. Berhenti Membandingkan. Sekarang.


Membandingkan mungkin adalah apa yang membuat Anda dalam kekacauan ini sejak awal. Biar saya tebak — Anda login di instagram, melihat karier teman yang lebih berhasil, pernikahan yang mewah, bayi yang cantik, dan lain-lain.
Tetapi Anda tidak dapat membandingkan awal perjalanan Anda dengan pertengahan perjalanan orang lain. Anda harus tetap fokus pada jalur Anda sendiri, langkah Anda sendiri, dan tujuan Anda sendiri. Membandingkan itu omong kosong. Itu hanya akan membuat Anda menebak-nebak setiap keputusan yang sudah Anda buat setengah jadi. Benar-benar baik bahwa Anda tidak akan pernah bisa mencapai kehidupan orang lain. Itu bukan tujuan Anda. Tujuan Anda pastilah berbeda

2. Bicara


Dengan menyampaikan apa yang ada di benak anda kepada orang orang terdekat dapat membantu anda untuk keluar dari quarter life crisis ini. Tetapi sebelum berbicara, anda harus berani untuk keluar dari zona tersebut! dan mulai menceritakan apa yang mengganjal perasaan anda selama ini.

3. Berhenti memikirkan "seharusnya saya…"


Hal ini akan membuat anda merasa tidak pernah berhasil! Padahal mungkin sudah banyak hal yang anda capai. Bersyukur atas apa yang anda miliki akan memudahkan anda untuk terhindar dari quarter life crisis.

4. Berani lah bermimpi!


Mimpi lah yang akan membuat orang bangkit dari kegagalan. Dengan beraninya anda untuk bermimpi, anda sudah mulai siap untuk menerima diri anda sendiri!

5. Lakukan sedikit research tentang diri anda


Setelah anda sudah berani untuk bermimpi, anda harus mulai menggali lebih dalam tentang diri anda lebih banyak. Apa yang sebenarnya anda inginkan, apa yang harus dilakukan, bagaimana langkah langkah untuk mencapainya dan sebagainya.

6. Temukan orang orang yang mensupport anda!


Dengan menemukan orang orang terdekat yang selalu mendukung anda, pasti segalanya akan menjadi mudah! Mimpi-mimpi anda pastinya akan lebih mudah tercapai!
Btw, tulisan ini bukan tulisan asli saya. Mungkin kedepannya saya juga akan menulis tentang ini di blog saya. Semoga teman-teman bisa melalui quarter life crisis yaa! terima kasih :).


Sumber : https://www.huffpost.com/entry/how-to-get-over-your-quarter-life-crisis_b_6715888

Credit to  Luthfie Hadi from Quora.com

Previous
Next Post »
0 Komentar